Jumat, 02 Desember 2016

Membuat Salep Gatal dengan Bahan Alami


krim untuk kulit sensitif, mengandung cocoa butter, beeswax, minyak esensial frankincese dan lavender, serta EVOO
Kulit Anda sensitif, mudah gatal, cepat bereaksi terhadap gigitan nyamuk dan serangga? Atau Anda menderita eksim -baik basah maupun kering- atau penyakit kulit lainnya? Ada baiknya Anda membuat krim gatal sendiri, apalagi jika selama ini krim yang Anda beli di toko obat atau berdasar resep dokter tampaknya tak memberi hasil yang memuaskan. Krim buatan sendiri -asal berbahan alami- relatif aman dipakai.

Saya kerap membuat krim untuk mengobati eksim kering di kaki, atau mengobati bekas gigitan nyamuk yang bentuknya mengerikan -bengkak, merah, kadang berair- atau gigitan serangga lainnya. Hasilnya lebih baik walau terkadang lebih lambat dari krim-krim yang dibeli di toko obat. Selain lebih aman, krim alami juga lebih murah dan bisa dipakai kapan saja selama dibutuhkan, asal Anda memiliki sediaannya di kulkas.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa dijadikan krim gatal dan penyakit kulit :

1.Butter, bisa cocoa butter (lemak coklat) atau shea butter
Butter bersifat melembabkan kulit, memulihkan kondisi kulit yang rusak, melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut, serta bersifat menyembuhkan radang.

2.Minyak nabati yang dibuat dengan proses 'cold press' seperti minyak jarak,  minyak zaitun, minyak almond, minyak argan. Bisa juga menggunakan VCO atau minyak kelapa tradisional
Minyak nabati ini selain berfungsi menyembuhkan juga menjadi pengantar/karier bagi bahan herbal lainnya, entah itu minyak esensial, ekstrak tanaman herbal, dll.

3.Beeswax atau lilin lebah.
Beeswax berfungsi mempertahankan kelembaban kulit, mengurangi gatal dan nyeri, serta membuat krim tampak padat.

4.Minyak esensial
Pergunakan minyak esensial berkualitas tinggi (therapeutic grade) sehingga mampu membantu penyembuhan kulit. Minyak esensial yang biasa digunakan dalam penyembuhan penyakit kulit dan gatal antara lain peppermint, lavender, geranium, frankincese, thyme, rosemary dll. Biasanya sebuah krim mengandung dua atau lebih minyak esensial.

krim sehari-hari yang saya pergunakan untuk menghadapi eksim kering yang membandel, mengandung antara lain bergamot dan tepung garut.


5.tanaman herbal
Umumnya digunakan tanaman herbal dalam bentuk ekstrak atau bubuk. Beberapa tanaman herbal yang biasa digunakan antara lain sirih, pepaya, binahong, sambiloto, kunyit, akar manis, witch hazel, oatmeal, garut dll.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meracik krim, antara lain :

1.Jangan serakah. Anda tak harus menyiapkan semua bahan secara lengkap. Jika ada masing-masing satu bahan dari 5 kategori di atas sudah cukup. Tapi jika memiliki lebih banyak bahan maka lebih baik.
Adakalanya Anda hanya memiliki minyak kelapa saja, maka Anda harus berimprovisasi dengan memperbanyak tanaman herbal. (Khusus untuk kondisi begini, jam terbang dan pengetahuan herbal amat menunjang).

2.Perhatikan komposisi. Jika awalnya Anda hanya akan membuat 50 gram krim/salep, maka perlu diperhatikan berapa ukuran masing-masing bahan di atas. Mungkin butuh 2 sendok butter, 1 sendok minyak nabati, beberapa gram beeswax dan beberapa tetes minyak esensial saja. Semakin banyak bahan yang Anda miliki maka semakin sedikit komposisi masing-masing bahan.

3.Selektif. Pilih bahan yang memang sesuai dengan penyakit yang kulit Anda derita. Bengkak karena digigit nyamuk misalnya, cukup diberi tepung garut campur minyak kelapa, atau kayu manis campur butter. Pada penyakit kulit yang serius dan 'kebal' obat dokter, maka akan dibutuhkan komposisi yang lebih rumit lagi. Untuk itu rajin-rajin buka kamus herbal dan belajar kimia maupun patologi klinik.

Selamat mencoba :P

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Waah infonya kereen & inspiratif, mohon infonya dong..
- butter yg dipakai apakah sama dg butter yg buat bikin kue? Jk shea butter belinya dimana?
- bisa dijelaskan proses pembuatanya bagaimana untuk menyatukan kelima bahan tsb?

Terimakasih sebelumnya 😘

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah... Memang obat racikan sendiri sebenarnya memang bisa lebih efecktif dan murah dibandingkan obat obat jadi diapotik, nuhun infonya semoga jadi amalan terbaik disisi Allah kelak.

Unknown mengatakan...

Semua bahan yg beraifat kimia bisa didapatkan di toko kimia.klo bahan herbal tergantung obat apa yg anda butuhkan atau tanam sendiri

delt4u mengatakan...

Ukuran beeswax tidak jelas mhn di shere kang!!!!!