Senin, 05 Desember 2016

Sabun Kombucha

sabun kombucha, terbuat dari scoby kombucha


Dua tahun lalu seorang kawan mengirimu saya scoby kombucha. Saya lalu membuat sendiri teh kombucha untuk mengobati alergi gatal dan alergi gigitan nyamuk yang saya derita. Teh kombucha berhasil mengobati penyakit saya ssetelah rutin saya minum. Tapi seiring waktu scoby kombucha saya pun 'mbludak' hingga hampir 2 toples penuh. Sebagian scoby saya jadikan pupuk tanaman, sebagian diberikan ke kawan yang membutuhkan, sisanya masih banyak ternyata.

hotel kombucha sudah penuh


Iseng saya jadikan scoby kombucha ini menjadi sabun kombucha, terisnspirasi Randie Hilliard, si empunya Rand Hill Naturals, yang sudah mengembangkan sabun kombucha bertahun-tahun. Tentunya, resep sabun saya sesuaikan dengan persediaan minyak di kabinet sabun saya. Kali ini untuk aroma, saya mencampur sekitar 6 minyak esensial dengan tujuan mengenyahkan aroma kombucha yang 'semerbak', di antaranya clary sage dan thyme yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti serangga -khususnya nyamuk-, dan mempercepat penyembuhan luka serta pergantian kulit. Kebetulan saya memakai minyak esensial (EO) 'therapeutic grade', agar sabun juga bersifat menyembuhkan.
Saya tambahkan spirulina untuk aksen warna.

sabun kombucha siap diangin-anginkan sebelum dipakai beberapa minggu lagi (tergantung cuaca :P )
Menurut Randie, zat-zat aktif dalam jamur kombucha seperti asam glucuronik, vitamin B dll masih terkandung dalam sabun walau mungkin sifat probiotik jamur kombucha menghilang. Zat-zat ini amat berguna dalam mengatur ph kulit. Itu sebabnya sabun kombucha memberi kesan lembut, segar, sekaligus sangat membersihkan saat dipergunakan mandi.

Selamat memanfaatkan scoby kombucha Anda yang 'membludak' :P





Tidak ada komentar: