Selasa, 30 September 2014

Sabun Cuci Kelapa

Apa mungkin membuat sabun dari satu jenis minyak saja? Seorang kawan pernah bertanya, dan saya jawab mungkin. Salah satu jenis minyak yang paling kerap saya jadikan sabun adalah minyak kelapa. Sabun kelapa favorit saya adalah sabun kelapa untuk mencuci.
sabun cuci kelapa buatan sendiri


Mengapa saya begitu suka sabun cuci kelapa? Ini beberapa alasannya:

1.Pembuatannya cepat, tidak butuh waktu lama untuk mengeras, walau butuh lama untuk mengangin-anginkannya agar 'aman' dipakai.

2.Mencuci dengan sabun kelapa tidak membuat tangan panas, gatal, atau alergi. Itu sebabnya ibu saya suka sekali mencuci dengan sabun ini :D

3.Sabun cuci kelapa kaya busa, dan ampuh sebagai pengganti bayclin. Pakaian atau kain putih, kain mangkak, menjadi putih kembali setelah beberapa menit direndam dengan sabun kelapa.

4.Aman juga digunakan dalam mesin cuci, caranya dengan memotong-motong sabun berbentuk kotak-kotak kecil, lalu memasukkannya dalam kantong kain yang dimasukkan dalam mesin cuci.

Bagaimana membuat sabun cuci kelapa? Berikut resepnya :

Bahan:

1.Minyak kelapa, entah minyak kelapa buatan tangan yang harum baunya atau minyak kelapa buatan pabrik seperti merk HARCO, DORANG, sebanyak 400 gr dan kelipatannya.

2.Air ukuran 100-150 ml.

3.Soda api bubuk/kristal sebanyak 72,54 gram (jangan lebih besar dari ini)

Cara membuat:

1.Masukkan soda api ke dalam air (jangan sebaliknya) sedikit demi sedikit, lalu aduk, dan biarkan larutan soda api menjadi lebih dingin dan bening.

2.Masukkan larutan soda api ke dalam minyak kelapa yang telah dipanaskan (sedikit hangat), lalu aduk hingga mengental dan tercipta trace.

3.Setelah trace, masukkan pengharum seperti vanili, minyak esensial setengah sendok teh, aduk, baru masukkan adonan ke dalam cetakan.

4.Masukkan cetakan ke dalam kardus, selubungi dengan kain tebal seperti handuk atau selimut, simpan di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari.

5.sekitar 4-6 jam kemudian, buka cetakan. Jika sabun sudah mengeras, lepaskan dari cetakan, segera potong dan angin-anginkan selama 4 minggu sebelum digunakan. Sabun kelapa cuci cepat sekali mengeras, jika Anda terlambat melepaskan dari cetakan, akan sulit dipotong-potong.

Catatan kaki :

 

Tidak ada komentar: