Sabtu, 27 September 2014

Membuat Sabun Sendiri (2) : Komposisi Bahan

Kerap orang mengeluh, 'sabun ini kok keras ya?' atau 'sabun itu lengket di kulit'. Bisa juga terdengar keluhan 'sabun merk anu bikin kulit kering', atau pujian 'sabun merk inu membuat kulitku bercahaya'. 

Banyak faktor yang membuat sebatang sabun begitu menawan, mengerikan, atau jadi obat di kulit. Satu faktor yang cukup penting adalah komposisi bahan pembuat sabun.

Sabun yang baik -berdasar salah satu blog sabun di bawah- harus memenuhi tiga unsur:  
1.kekerasan, kestabilan, dan tahan lama
2.menciptakan busa
3.mengandung pelembab, sehingga tak membuat kulit kering

sabun kacanghijau yang melembabkan


Jika 'dibumikan' dengan kondisi di tanah air, unsur pertama dikandung oleh minyak sawit. Sedang unsur kedua dikandung oleh minyak kelapa dan minyak jarak. Unsur ketiga dikandung oleh minyak zaitun atau lemak coklat.

Ketika membuat sabun, ketiga minyak penyusun unsur ini harus seimbang. Misalnya menggunakan minyak sawit 30%, minyak kelapa 30%, dan sisanya minyak zaitun 40%. Andai menggunakan lebih dari tiga minyak, tetap harus  harus memenuhi komposisi dasar unsur di atas.

Misalnya, membuat sabun coklat, komposisinya bisa berupa:
minyak sawit 25%
minyak kelapa 25%
minyak zaitun 25%
lemak coklat 25%

Adakalanya, kita tak mengikuti rumus komposisi di atas. Misalnya membuat sabun kelapa yang bahannya 100% minyak kelapa, atau membuat sabun bayi yang bahannya 80% minyak zaitun. Hal ini boleh dilakukan, namun jangan berharap sabun buatan kita tadi memenuhi kesempurnaan sesuai komposisi. Sabun zaitun mungkin sangat lembut di tubuh namun busanya sedikit. Sabun kelapa yang kita buat akan sangat keras dan membuat kulit kering, dan sebagainya.

Jika masih pemula dalam olah sabun, mengikuti aturan dasar sambil belajar dari proses merupakan langkah terbaik. Usai memahami proses, membaca situasi dan memahami sifat minyak penyusun sabun, dan setiap reaksi yang ditimbulkannya, kita bisa lebih kreatif dalam menyusun resep-resep sabun sendiri, dan tidak panik jika sabun tercipta tidak sesuai harapan kita.

Selamat menikmati membuat sabun sendiri :D 


Catatak kaki:


Oya, soal sabun nabati buatan tangan saya banyak belajar dari link di bawah ini:  

http://www.wikihow.com/Make-Organic-Soap

http://candleandsoap.about.com/od/soapmakingbasics/a/How-To-Make-Soap.htm
 
https://www.thesage.com/calcs/LyeCalc.htm

 

Tidak ada komentar: