Minggu, 28 September 2014

Membuat Sabun Coklat


Sabun pertama yang saya buat dan langsung memberi hasil menawan adalah sabun coklat. Bahan utama sabun ini lemak kakao, sedang bahan tambahannya minyak sawit dan minyak kelapa. Berikut satu dari banyak resep saya membuat sabun coklat:
salah satu jenis sabun coklat dengan toping kayu manis
 
Bahan :
lemak coklat 300 gram
minyak kelapa 150 gram
minyak sawit 200 gram
soda api untuk superfat 5% : 92,09 gram
air : 198 ml



Cara membuat:
1.timbang soda api, lalu masukkan sedikit demi sedikit soda api ke dalam cawan gelas berisi air dan aduk. Air dalam cawan akan menjadi panas dan keruh sesaat. Lakukan dengan hati-hati, agar kulit tidak terbakar
2.panaskan lemak coklat, campur dengan minyak kelapa dan minyak sawit dalam wadah plastik, aduk hingga bercampur sempurna.

3.jika suhu di cawan sama dengan suhu pada lemak kakao, misalnya sekitar 38-40 C, maka masukkan larutan soda api ke wadah adonan sabun, lalu aduk menggunakan mixer hingga cairan mengental dan terbentuk trace. Trace terbentuk jika jejak adukan membekas dan adonan menjadi lebih padat.
Anda bisa saja mengaduk menggunakan tangan, jika tak memiliki mixer. Namun akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Misalnya mengaduk menggunakan sendok kayu selama 15 menit. Lalu diamkan sejenak hingga adonan mulai memadat, lalu aduk lagi hingga terbentuk trace.

4.jika sudah terbentuk trace, masukkan adonan ke dalam cetakan. Lalu masukkan cetakan ke dalam dos, bungkus dengan handuk, tempatkan di ruang gelap -misalnya kolong tempat tidur- dan biarkan sela a dua hari.

5. setelah dua hari, lepaskan sabun dari cetakan, potong-potong sesuai keinginan, dan biarkan di udara terbuka beberapa hari. Sabun baru aman dikonsumsi usai melakukan tes ph, dan menunjukkan angka antara 6-10. Atau, tunggu sampai 4-6 minggu kemudian. Semakin lama didiamkan semakin baik, karena akan mengendurkan pengaruh soda api di dalam sabun.


Selamat mencoba :D


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk infonya.. :)