Sabtu, 27 September 2014

Membuat Sabun Sendiri (1) : Persiapan ALat dan Bahan

Membuat sabun sendiri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun sebelum memulai kerja, ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya adalah mempersiapkan alat dan bahan, seperti :

1.soda api, bisa NaOH atau KOH. Soda api sebaiknya dibeli di toko bahan kimia, bahan bangunan, termasuk toko pipa. Harganya berkisar antara Rp15.00-Rp.22.000 per kilogram. Soda api biasa digunakan untuk melancarkan pipa yang mampet.

2.cetakan sabun, bisa berupa kardus odol, kardus sabun bekas, kardus HP, plastik cetakan agar-agar. Jika menggunakan kardusatau karton, sebaiknya  dilapisi plastik pada bagian luarnya agar tidak bocor. Untuk itu dibutuhkan isolasi plastik bening sebagai pelekat.
cetakan dari wadah plastik bekas sari apel

3.tempat menyimpan cetakan, bisa berupa kardus sepatu, laci lemari kayu.

4.handuk atau kain bekas untuk membungkus kardus sepatu. Tujuannya untuk  menjaga kardus tetap hangat sehingga proses saponifikasi berjalan optimal.

5.wadah adonan sabun, bisa berupa wadah beling atau plastik yang cukup tebal.

6.adukan sabun, bisa menggunakan mixer khusus (bukan yang untuk membuat adonan kue). Bisa pula memanfaatkan pengaduk dari kayu.

7.gelas beling dan sendok berlapis stainless steel buat mengaduk soda api.

8.wadah beling kecil atau tatakan gelas untuk tempat soda api sementara

9.timbangan, untuk menimbang minyak nabati dan soda api. Paling baik menggunakan timbangan digital.

10.minyak nabati, bisa minyak sawit (goreng), minyak kelapa, minyak wijen, lemak coklat, minyak jarak, minyak zaitun dll, tergantung ketersediaan dan kemampuan.
wadah adonan sabun dan pengaduk kayu


11.pewarna alami, bisa bubuk secang, daun suji, bubuk kunyit, coklat bubuk, bubuk kopi (jika ingin sabunnya berwarna). Dalam hal ini saya menghindari pewarna kimia.

12.penambah aroma, bisa vanili cair warna merah, minyak esensial melati, kamboja, atau parfum dll. Dalam hal ini saya menghindari parfum atau pewangi yang mengandung alkohol, karena bisa merusak kulit, khususnya kulit wajah.


Tidak ada komentar: