Rabu, 01 Oktober 2014

Aroma dalam Sabun

Ada orang yang merasa belum mandi kalau belum memakai sabun yang wangi baunya. Itu sebabnya orang pun berlomba-lomba membeli sabun 'wangi'. Padahal sabun wangi tak selalu baik buat kulit, apalagi kulit muka. Mereka yang memiliki kulit peka, gampang terkena alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, perih jika terkena sedikit panas atau polusi, sebaiknya menghindari sabun berpewangi. Apalagi jika pewangi yang dipakai berasal dari parfum. Andai menyukai sabun berpewangi, pilihlah pewangi yang berasal dari minyak esensial.
minyak esensial buatan sendiri


Beberapa pembuat sabun rumahan lebih suka membuat sendiri minyak esensial dengan cara infus. Selain lebih alami, juga murah harganya. Cara membuat minyak esensial cukup mudah, seperti yang dapat dibaca pada link berikut ini: http://www.instructables.com/id/How-to-make-Infused-Oil/

Saya kerap membuat minyak esensial sendiri, untuk aroma sabun yang saya produksi. Biasanya saya menggunakan tabung-tabung gelas kecil bekas cat poster yang sudah saya cuci dan rebus dengan air panas. Tabung gelas kering ini saya isi dengan irisan bunga kamboja atau bunga melati segar, lalu saya siram dengan minyak zaitun. Tabung kemudian saya tutup rapat, jemur di dekat jendela selama 2 minggu. Begitulah minyak esensial infus saya dapatkan.

Dalam pembuatan sabun, minyak esensial diteteskan pada saat adonan sabun mencapai trace, sebelum dicetak. Ukuran minyak esensial yang diteteskan pada adonan, bisa dibaca pada link berikut: https://www.thesage.com/calcs/FragCalc.html. Jadi tidak asal bin ngawur. Jika minyak esensial diteteskan terlalu banyak, bau akan 'nyegrak', tajam, dan mungkin saja membuat kulit sensitif bermasalah. Sedang jika minyak esensial diteteskan terlalu sedikit, mungkin bau harum akan samar-samar.

Satu yang perlu diperhatikan. Jika sabun yang anda buat ditujukan buat muka, dan kulit anda bermasalah, seperti penuh jerawat, gampang gatal atau pedih jika terkena panas, maka hindari penggunaan pewangi -dan juga pewarna- dalam sabun.

Semoga berguna, Salam :D




Tidak ada komentar: