Jumat, 05 Oktober 2018

Kombucha, Sabun 3 in 1 yang Tersia



Saya pernah menulis tentang sabun kombucha di artikel sebelumnya. Sudah saya dan teman -yang mencoba- buktikan kalau sabun ini ampuh. Kawan yang juragan cuka dan teh kombucha berkata, 'Saat saya jadikan sampo, luka-luka di kepala saya jadi cepat sembuh.'

Sedang kawan yang jaga perpustakaan, yang kebetulan wajahnya kena jerawat nanah karena infeksi bakteri dan kelebihan hormon, dan selama ini mengandalkan sabun dari dokter, mengaku cocok menggunakan sabun kombucha sebagai sabun muka. "Jangan diotak-atik lagi resepnya, Mbak. Sabun ini cocok buat mukaku, mirip sabun dokter,"sarannya.

Toh pujian di atas tak membuat pamor sabun kombucha naik. Kalau ada calon pembeli, selalu bertanya, "Sabunnya bikin bau badan asam, ya!". Yaa, belum-belum sudah nuduh, padahal belum membuktikan  Sudah nasib tukang sabun.

Cuka kombucha memang berbau asam, teh kombucha juga. Kalau Anda sempatkan mandi hanya dengan cuka atau teh kombucha, dijamin badan beraroma asam kalau bilasnya kurang bersih. Tapi, sabun kombucha tidak hanya dibuat dari scoby, cuka dan teh kombucha. Bahan utama sabun justru minyak nabati, salah satunya minyak hasil rendaman bunga kenanga selama beberapa bulan. Kombucha hanya bahan tambahan. Hasilnya, sabun beraroma kenanga yang harum itu.

Ada alasan mengapa sabun menggunakan bahan tambahan scoby dan teh kombucha. Sabun diharapkan memberi manfaat seperti saat menggunakan teh dan scoby kombucha, misalnya mengatur ph kulit, sehingga kulit yang berminyak berlebihan menjadi tak berminyak, kulit kering jadi lembab, kulit penuh jerawat jadi hilang jerawatnya, kulit yang luka menjadi sembuh lukanya. Jika sabun dijadikan pengganti sampo maka diharapkan rambut yang berketombe menjadi hilang ketombenya.

Sayangnya sabun kombucha kurang dikenal di tanah air, padahal sudah banyak orang yang merasakan manfaat langsung teh kombucha. Di luar negeri, sabun kombucha seberat 125 gram laku dijual antara Rp.75000-Rp.90000 karena manfaatnya yang tokcer tadi. Di sini, dijual Rp.15000 saja masih ditawar. Sungguh nasib sabun yang tersia. Hal ini berlawanan dengan nasib scobi kombucha yang laris manis diburu orang. Dalam waktu singkat, sediaan scobi setoples habis dibeli orang. Rupanya manfaat teh kombucha sebagai minuman kesehatan sudah tersebar luas.

Untungnya saya punya solusi agar si sabun tak lama tersia, dengan menjadikannya sampo cair, lalu ditambah beberapa bahan alami khusus. Hasilnya sampo yang cepat menutup luka di kulit kepala, mengobati ketombe, membuat rambut berminyak jadi tak berminyak, rambut kering jadi lebih nyaman, dan dapat digunakan sebagai sabun anjing/kucing. Kalau digunakan untuk keramas setiap hari selama dua minggu, kutu-kutu bandel di rambut anak maupun anjing kesayangan pun lenyap. Mungkin karena bosan dengan kandungan cukanya :-D







1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagai mana cara membuat sabun dari scuby kombucha bahan apa saja yg di butuhkan dan brp ukuran takaran takaran bahannya. Terimakasih