Senin, 08 Oktober 2018

Kulit Bermasalah? Dipisangin Aja!

pisang, kulit pisang, dan ekstrak kulit pisang


Di masa kecil saat kulit saya bentol-bentol akibat digigit nyamuk, si mbah akan bilang, "digosok-gosok dengan kulit pisang, Nduk, biar bentolnya hilang." Benar saja, beberapa menit setelah kulit digosok dengan bagian dalam kulit pisang, bentol dan bekas kemerahan menghilang, bahkan rasa gatal yang menusuk ikut musnah.

Tak hanya itu, bagian dalam kulit pisang yang digosok-gosokkan ke gigi akan membuat gigi menjadi cemerlang, dan meniadakan plak gigi. Tak perlu memakai whitening lagi. (Dan ini sudah saya buktikan sendiri, beberapa menit setelah menggosok gigi dengan bagian dalam kulit pisang, saya lalu menggosok gigi. Hasilnya, gigi terasa lebih nyaman, lebih bersih, bau mulut befkurang, dan plak gigi juga bekurang.)

Di Afrika, kulit pisang dikeringkan lalu dibakar. Abu pembakaran digunakan untuk membuat sabun, abu ini kaya akan potassium sebagai pengganti soda api (potassium hidroksida). Selain abu pisang, sabun asal afrika ini -dikenal dengan nama black afrikan soap- dibuat dari minyak sawit, shea butter, cocoa butter, dan lumpur. Sabun afrika ini lalu diklaim mampu menyembuhkan beragam kelainan kulit seperti eksim, psoriasis dll.

Kulit pisang memang kaya vitamin A, B, C, E, dan mineral seperti potassium dan zinc yang berpengaruh pada kesehatan kulit, seperti menjaga kelembaban kulit, menghaluskan kulit, mengendalikab produksi minyak di kulit, mencerahkan, anti kerut, dan lainnya.

Anda dapat mencoba menggosok bagian kulit yang bermasalah -entah karena gigitan nyamuk, jerawat, psoriasis, pigmentasi, alergi, bekas luka- dengan kulit pisang sebelum tidur, dan amati hasilnya beberapa hari kemudian. Atau gosok gigi Anda dengan bagian dalam kulit pisang, lalu biarkan beberapa menit sebelum gosok gigi. Buktikan apa benar gigi Anda menjadi putih beberapa hari kemudian

sabun pisang mengatasi gangguan kulit


Kulit pisang tak dapat disimpan lama, harus segera digunakan sebelum menjadi kehitaman. Karena itu saya mencoba mengekstrak kulit pisang dengan beragam cara, dan menyimpannya sebagai bahan campuran sabun, sampo   pelembab muka, salep penyakit kulit, dan obat jerawat. Dengan begitu, dapat digunakan lebih lama.

Atau, jika sedang memiliki banyak waktu luang, kulit pisang dapat dikeringkan, lalu dibubukkan, sebelum digunakan sebagai aneka produk kecantikan dan pengobatan herbal. Tertarik? Coba saja !

Tidak ada komentar: