Jumat, 15 Februari 2019

Sabun dan Sampo Cuka Apel

gambar dari scoopnest.com


Pemakaian cuka apel sudah dikenal luas dalam dunia herbal. Jika dikonsumsi langsung -biasanya 1 sendok makan cuka apel dicampur air hangat 150ml dan madu 1 sendok makan- dan diminum di pagi hari saat perut kosong, cuka apel dapat menurunkan berat badan dan melancarkan buang air besar. Cuka apel juga dapat membuang racun tubuh, mengobati flu, mengurangi gejala alergi dan sebagainya.

Kondangnya cuka apel, membuat si maknae BTS, kpop boy bandy ang lagi hit, jungkook, selalu menyimpannya di dalam tas yang dibawanya kemana-mana.  Sebagai obat jerawat yang disebabkan bakteri, katanya. Jungkook memang gampang kena jerawat.

Jika dioleskan ke kulit, cuka apel dapat digunakan sebagai toner, mengobati jerawat, mengeringkan bisul karena alergi, mengobati eksim kering atau basah, dan sebagainya. Tentu saja cuka apel harus diencerkan dulu sebelum dioleskan ke kulit dengan perbandingan air:cuka apel 1:1.

Kalau kulit Anda muncul bintik-bintik karena gatal alergi, maka oleskan cuka apel yang sudah diencerkan menggunakan kapas ke kulit beberapa kali sehari. Niscaya gatal mereda, bintik-bintik mengering. Hanya, cuka apel tak dapat membuat bekas alergi yang hitam menjadi cepat cerah. Butuh herbal lain untuk bekas gatal ini.

Cuka apel juga kerap dijadikan sebagai pengganti sampo. Cuka apel dapat menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala karena ketombe. Cuka apel juga melembutkan rambut, membuat rambut berkilau, dan menghilangkan kotoran di rambut akibat debu dan polusi. Caranya dengan dengan melarutkan setengah gelas cuka apel dengan setengah gelas air, lalu gunakan sebagai pengganti sampo sambil memijit kulit kepala, dan bilas dengan air bersih.

Yang harus diingat, cuka apel tak dapat mencegah kerontokan rambut, mencegah pertumbuhan uban baru, atau mencegah kebotakan. Cuka apel hanya sekedar membersihkan dan menghaluskan rambut, serta mengurangi ketombe.

Untuk menghemat, Anda dapat membuat cuka apel sendiri di rumah. Caranya seperti pada blog di bawah ini.
https://wellnessmama.com/124169/apple-cider-vinegar/

Cuka apel tahan disimpan berbulan-bulan di kulkas, asal disimpan di botol beling dan ditutup rapat.


sabun plus sampo cuka apel

Usai membuat cuka apel, umumnya kita menemukan biang cuka apel atau skobi yang berwarna keputihan. Seperti skopi teh jamur kombucha, skopi cuka apel juga dapat digunakan sebagai campuran sabun dan sampo padat. Sabun/sampo cuka apel ini berkhasiat mempercepat penyembuhan luka, menjaga ph kulit -kulit kering menjadi lebih lembab, kulit berminyak menjadi normal- juga dapat digunakan sebagai sampo anti ketombe.

Sila buktikan dengan menyabun dan menyampo cuka apel di rumah.









Tidak ada komentar: