Rabu, 16 November 2016

Minyak Esensial dan Sabun (1) : Sabun Wajah 'Frankincense'



sabun frankincense, bahan dasarnya 4 minyak nabati non sawit dan minyak esensial frankincense
Beberapa bulan lalu seorang teman menghibahkan beberapa minyak esensialnya kepada saya. Ada beberapa belas minyak esensial, ukuran 2 ml. Dia memang distributor minyak esensial yang punya nama, kualitas minyak esensialnya sungguh terasa khasiatnya.

Iseng saya mencoba membuat sabun untuk wajah dengan bahan standar (4 minyak dasar tanpa minyak sawit), ditambah minyak esensial frankinsten beberapa tetes. Sebagian besar sabun (90%) saya kembalikan ke dia, sisanya ada 3 potong kecil, satu saya pakai sendiri, dua lainnya saya berikan ke dua teman yang memiliki masalah pada wajahnya. Hasilnya sungguh memuaskan. Sabun tak hanya melembutkan wajah, tapi juga menghilangkan permasalahan umum seperti jerawat, bekas jerawat, komedo, dll.

Saya coba baca literatur tentang minyak esensial frankincense, ternyata fungsinya antara lain :

manfaat umum minyak esensial frankincense, sumber organicfacts

pada kulit, minyak esensial ini berfungsi mengaburkan bekas luka, entah luka karena jerawat, radang, alergi, atau bekas operasi. Minyak ini juga mempercepat penyembuhan luka, termasuk infeksi pada kulit seperti jerawat, gatal, juga mencegah penuaan dini. Minyak ini bisa menghilangkan kerut di kening, wajah, mata, serta mengencangkan kulit, jika dipakai teratur. Tentu saja pemakaiannya harus ditambah minyak pengencer (bisa minyak zaitun, almond, atau argan).

Harga minyak esensial ini yang bermerk lumayan mahal, sekitar 97 USD per 15ml. Ada juga beberapa merk lokal yang lumayan murah, sekitar Rp.50.000-Rp.100.000 per 5-10 ml, namun saya kurang tahu kualitasnya.

Pada sabun muka, agar hasilnya efektif, busa sabun dibiarkan di wajah selama 3-5 menit sebelum wajah dibilas. Sensasinya memang berbeda.  Jika wajah bermasalah, perubahan mulai membaik bisa dirasakan langsung usai digunakan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :P





2 komentar:

siti mengatakan...

merk minyak esensial temennya apa mb? YLkah? atau EO merk lokal?

soap4fun mengatakan...

yang ini YLO