Senin, 24 November 2014

Ke Mana Harus Belajar Membuat Sabun?

Pertanyaan ini kerap dilontarkan kolega, kawan, kenalan lima menitan. Pertanyaan seperti , "Mbak, dulu belajar membuat sabun di mana sih?" atau 'Gimana caranya membuat sabun, ajarin dong!"

Sejujurnya, saya belumlah layak mengajari mereka. Ilmu 'menyabun' saya belum cukup luas, baru awal tahun ini saya berkenalan lebih intim dengan sabun. Saya tak punya kesabaran yang cukup untuk mengajar. Apalagi, saya kan belajar secara otodidak, 'ngeyel' bisa, melakukan eksperimen sendiri, menjadikan diri sebagai kelinci percobaan, dan hasilnya.. di luar dugaan.
sabun 'cinta' saya, mungil, bergizi -karena terbuat dari extra virgin olive oil- dan mumer alias tidak dijual :P


Di luar sana, baik di dunia nyata maupun maya, banyak tempat yang layak untuk belajar langsung tentang sabun. Misalnya link di bawah ini,

1. http://7cact.us/content/SOAP-MAKING-CLASSES

7cactus menawarkan kursus membuat sabun selama 3 jam, mulai teori dasar hingga praktek. Tentu saja kursus ini berbayar dan tidak murah. Bahan dasar membuat sabun kan mahal, lagipula Anda bisa membawa sabun karya Anda ke rumah, plus dipinjami alat selama kursus. Sayangnya saya tinggal di timur, bukan ibukota, jadi tidak sempat mencicipi kursus ini :(

2. http://bina-usaha-mandiri.com/node/548

Bina Usaha Mandiri kerap mengadakan kursus cara membuat sabun, baik di Surabaya maupun Jakarta. Namun saya belum pernah ikut kursus mereka, karena aliran kami berbeda. Saya pengikut aliran alami, herbal. BUM lebih ke produk sabun kimia :P

Selain itu Anda bisa belajar membuat sabun sendiri, berdasar blog-blog sabun berikut ini :

1. candleandsoap.about.com
Ini blog acuan saya dalam membuat sabun, walau saya tak harus meniru atau copy paste sabun produk mereka. Malu dong, kayak nggak punya otak saja :P

2. www.wikihow.com
Cari kata kunci 'how to make a soap'

3. http://adevnatural.com/cara-membuat-sabun-batang-transparan-herbal-aroma-terapi-sendiri-di-rumah-untuk-souvenir-gift-dan-kecantikan/
Ini blog sabun berbahasa Indonesia. Asyik kayaknya :D

4. https://www.facebook.com/KumpulanTipsKecantikanDanKesehatan/posts/488625834526088

5. Buka di youtube, cari 'make a soap' maka akan muncul banyak link video berdurasi 8-15 menitan tentang tata cara membuat sabun.
misalnya : https://www.youtube.com/watch?v=aCdcCWVlsSE

Gampang bukan? Di era internet seperti sekarang, ilmu apapun yang kita inginkan akan mudah kita dapatkan, asal Anda tekun, berkeras hati, dan teliti pada detil.

Membuat sabun tidaklah sulit asal Anda memperhatikan instruksi sekecil dan sedetil mungkin. Anda juga tak boleh lelah mencoba, dan terus mencoba, sampai menemukan resep sabun sendiri yang mumpuni. Selamat belajar.



Tidak ada komentar: