Selasa, 20 Februari 2018

Sabun dan Kondisi Kulit

Postingan ini menjawab pertanyaan terkait bagaimana mencari sabun yang cocok untuk kulit. Secara umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1.Kulit berjerawat
Sabun cengkeh efektif untuk meredakan jerawat dan penyakit kulit karena bakteri.

Jerawat biasa timbul pada kulit jenis berminyak. Karena itu jika kulit wajah Anda yang berjerawat, hindari pemakaian sabun yang berfungsi sekedar melembabkan karena dapat memperparah jerawat di wajah. Sabun berbahan utama zaitun misalnya, coba dihindari.
Pergunakan sabun yang mengandung minyak nabati yang berfungsi sebagai obat, semisal minyak jarak, minyak wijen, atau minyak argan.
Pakailah sabun yang mengandung bahan herbal seperti intaran, sirih, cengkeh, pinus, dan pepaya.

Bagaimana jika jerawat tersebar di kulit tubuh?
Secara umum, penanganannya sama walau kulit di badan tak sesensitif kulit wajah. Untuk jerawat di badan, pergunakan sabun garam, sabun rempah, sabun pinus, atau sabun arang. Sabun di atas selain mengatur produksi minyak di kulit, juga anti bakteri dan bersifat mengurangi peradangan.

2.Kulit kering, bersisik, kusam
Sabun karamel efektif mencerahkan wajah, langsung terlihat hasilnya sejak pemakaian pertama.

Jika ini dialami wajah, gunakan sabun yang mengandung susu -sabun susumadu, sabun karamel, sabun brownies- sebagai sabun muka, yang berfungsi mengangkat kulit mati, mencerahkan wajah dan memberi kelembaban pada kulit.
Jika kondisi ini terjadi pada badan, Anda dapat menggunakan semua jenis sabun alami yang tak mengandung SLS, SLeS, dan pewangi berbahan parfum. Kulit pada badan lebih mudah dipulihkan kondisinya ketimbang kulit muka.

3.Kulit mudah berkeringat, kotor, dan bau
Sabun pinus, membersihkan badan, membunuh bakteri dan menghilangkan bau badan

Kondisi ini kerap dialami manusia yang tinggal di daerah tropis, karena terpapar sinar matahari setiap hari.
Kondisi ini juga menimpa manusia kota besar yang diselimuti polusi udara akibat padatnya lalu lintas, asap pabrik, juga polusi air.
Pada kulit yang mudah kotor, berkeringat, selain mandi secara teratur 2x sehari, gunakan sabun berbahan utama minyak kelapa. Sabun ini mampu mengikis kotoran karena debu, lemak, garam atau keringat.
Jika badan berbau, gunakan sabun yang mengandung herbal antibakteri seperti sabun garam, sabun pinus, sabun mahkotadewa.

4.kulit sensitif, gatal, mudah terserang alergi
Sabun arang, efektif mengurangi gatal alergi

Menggunakan sabun berbahan minyak zaitun dicampur sedikit minyak jarak dan minyak kelapa merupakan pilihan yang tepat. Bahan herbal yang ditambahkan bisa berupa teh chamomile, teh lavender, minyak infuse calendula yang berfungsi mengurangi peradangan dan mendinginkan kulit.
Pada kondisi ekstrim bisa digunakan sabun arang aroma mint.

Selamat mencoba



Tidak ada komentar: