Senin, 18 September 2017

Sabun Pala dan Kepulauan Banda

buah pala di kepulauan banda




Ini mirip hutang. Pada 2016 saya sambang Kepulauan Banda lagi sejenak. Menemui Pongki -tokoh legendaris pada kerusuhan Maluku 1999-2003 yang juga getol memperkaya produk pala Banda (siapa Pongki, sila baca buku 'Negeri Pala'). Saat pulang, saya sempatkan membawa sebotol kecil minyak pala Banda  produknya. Minyak yang harumnya luar biasa, ampuhnya juga di luar kebiasaan. Minyak pala kualitas tinggi, sebagai bahan pewangi maupun obat.

minyak pala dari kepulaua banda, produksi pongki di banda besar
 Minyak pala ini saya jadikan salah satu bahan pembuat sabun rempah. Bahan sabunnya biasa saja, minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak sawit, minyak soya, minyak kacang, dll dicampur minyak pala dan sedikit rempah seperti cengkeh dan kayumanis. Hasil sabunnya mirip gambar di bawah.




sabun pala yang diramu dari minyak pala banda, fungsinya antara lain menghilangkan jerawat di punggung, menghaluskan kulit, menyembuhkan panu, kadas, dan kurap.
Aroma sabun nano-nano, tak semata wangi pala, juga pengar cengkeh dan legit kayu manis. Kalau tak biasa aroma rempah campur-campur, mungkin agak terganggu dengan aroma nano-nano.

Sabun pala biasa saya jadikan hadiah ke teman-teman lansia sebagai penghangat badan. Sabun ini ampuh juga menghilangkan jerawat di punggung dan pundak, panu, kurap, maupun penyakit kulit karena jamur.  Ada yang sukacita menerima dan memakai sabun ini, banyak pula yang protes. Sabun pala berbahan utama minyak kacang malah dapat memaksa komedo keluar dari garis hidung, sehingga pemiliknya tingga menghapusnya dengan tangan. Hanya, aroma kacang pala 'agak mengganggu'.

Rencana berikut saya, jika sambang Kepulauan Banda lagi, akan mengawinkan minyak kelapa produksi Pak Guru Ali dengan minyak pala Pongki menjadi sabun lokal yang 'saya yakin seyakin-yakinnya' bakal laku diburu turis manca yang berkunjung ke Banda. Semoga tahun depan rencana ini terwujud.

Salam Pala Banda,




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mau nanya mbak, kita bikin sabun harus pakai stick blender kayak di youtube itu, atau pakai mixer kue biasa bisa?