Selasa, 19 Mei 2015

Bahan Terbaik Sabun Kelapa

sabun kelapa 'herbal' yang terbuat dari minyak kelapa tradisional

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kiriman minyak kelapa tradisional dari seorang kawan yang tinggal di Jogjakarta. Minya kelapa seberat 1,5 liter itu dibelinya di Pasar Demangan seharga Rp.18.000.

Saya girang bukan kepalang. Saya selalu menyukai minyak kelapa tradisional yang harum baunya, hasil olahan tangan seorang perempuan dengan penuh kesabaran. Segera saya bagi minyak itu menyadi dua, satu liter untuk bahan sabun herbal yang amat berharga, sisanya sebagai 'carier' minyak pengobatan.

Saya ingat pernah mendapat pertanyaan dari seorang karib, mana yang lebih baik sebagai bahan sabun, minyak kelapa tradisional, minyak kelapa buatan pabrik, atau VCO. 

Saya pribadi lebih suka minyak kelapa tradisional, selain aromanya 'menakjubkan', juga menjadi 'carier', pengikat yang baik buat bahan-bahan tambahan yang berfungsi pengobatan, entah itu cengkeh, bunga kering melati, kamboja, fuli, dan lainnya. Minyak kelapa tradisional pun harganya tidak mahal, bahkan ada yang lebih murah dari minyak kelapa bahan pabrikan. Sayangnya, minyak kelapa ini sulit didapat. Kecuali Anda tinggal di pedesaan, atau kota yang mengapresiasi pembuat minyak kelapa tradisional. Itu sebabnya kerap saya harus melirik minyak kelapa pabrikan yang tersebar di swalayan dan minimarket, dengan harga antara Rp.20.000-Rp.25.000 seliter. 

Bagaimana dengan VCO? Menurut saya VCO terlalu mahal buat bahan sabun. Memang kandungan nutrisinya tinggi, namun VCO hanya memberi manfaat optimal jika dikonsumsi/dimakan, bukan sekedar dioles ke kulit atau menjadi bahan sabun. Harga eceran VCO di pasaran berkisar antara Rp90.000-Rp110.000 per liter. Sabun kelapa yang saya buat harus menggunakan antara 95-100% minyak kelapa, jadi saya bingung menentukan harga per-100 gr sabun kelapa. Masak harus saya jual Rp.20.000 per 100 gram? Bisa-bisa saya disebut pembohong karena banyak sabun VCO di pasaran yang dijual antara Rp.5000-Rp.10.000 per 100 gram. Mending ke laut aja :D

Perlu dicatat, minyak kelapa menjadi bahan utama sabun kelapa, sabun santan, dan sabun garam. Meski ada tudingan bahwa sabun berbahan utama minyak kelapa dapat membuat kulit kering, namun dengan trik tertentu -menggunakan diskon soda api 20%- hal ini dapat dihindari. Justru banyak pemakai sabun kelapa mengaku suka dengan sabun kelapa karena menghaluskan kulit, menghilangkan gatal dan alergi, serta membuat nyaman tubuh.
 




Tidak ada komentar: